Rabu, 17 Oktober 2012

Jajan Inspirasi di Batam

"Ke Batam ngapain, Mas?" tanya beberapa orang yang tahu tentang keberangkatan kami.
"Biasa, jajan inspirasi" jawab saya seperti biasa.

Ya, begitulah yang selalu saya tanamkan kalau melakukan perjalanan keluar kota. Pada kali ini, saya akan memberikan sedikit oleh-oleh dari hasil jajanan saya untuk anda pembaca yang brilliant dan pastinya selalu produktif.

Masih segar diingatan ini bahwa per 31 Januari tahun 2010 yang lalu, kompas dengan sumber dari BPS memberikan gambaran jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 9,750,000 juta jiwa.
Sebagaimana yang kita ketahui sendiri bahwa untuk menciptakan kestabilan ekonomi suatu negara, dibutuhkan jumlah enterpreneur sebanyak 2% dari jumlah penduduk negara itu sendiri. Jadi, kalau misalkan anda hari ini melihat tingkat kemiskinan yang cukup tinggi di negara kita, itu karena disebabkan karena jumlah enterpreneur kita masih jauh dari angka 2%. Ada yang mengatakan 0,1 persen dan saya lebih cenderung mengatakan 0,01 persen sebagaimana data yang pernah saya dapatkan.

Nah, perjalanan ke Batam kali ini benar-benar membuat saya harus berbagi kepada teman-teman yang masih kuliah untuk bisa merenungkan hal-hal ini. Setiap kali di undang untuk berbicara enterpreneur, saya kerap kali mengajak para peserta untuk melakukan simulasi dari data yang kami peroleh. Menurut simulasi yang sering kami lakukan, perkiraan pada tahun 2015 jumlah pengguran Indonesia akan sampe di angka 12 juta lebih.

"Mas, jangan terlalu menakut-nakuti dong".

"Gak nakut-nakutin loh, ini asli apa adanya."

Ini dia, menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Per April 2012 jumlah penduduk Batam mencapai 1.153.860 jiwa (wikipedia). Coba bayangkan kalau ternyata dari data tersebut, ada 13.282 orang yang menjadi pengangguran. Data dari Batam Pos tanggal 17 Oktober 2012, pada halaman 17 mengatakan bahwa angka 13.282 tersebut adalah angka jumlah pencari kerja di Batam. Sedangkan daya serap tenaga kerja di Batam baru sampai di angka 4.616 orang. Bisa dibayangkan bukan, sebuah pulau kecil bernama Batam saja bisa menyumbang pengangguran sebanyak 8.666 orang (13.282 - 4.616 = 8.666 orang). Bisa bayangkan gak ? kalau ada 100 pulau di negara kita  yang katakanlah jumlah penduduknya sama dengan batam. Berapa banyak pengangguran tahun ini yang bertambah ?

Nah, oleh-oleh dari jajan inspirasi kali ini adalah, ketika jumlah pengangguran itu semakin banyak, akan ada dimanakah kita ???

Employee or Enterpreneur.... just a choice..