Kamis, 11 Juli 2013

Fake it Before You Make it



“fake it before you make it...” kalimat ini terus berulang selama 3 hari ini. Entah mengapa Closing statement dari Pak Budi ketika Smartpreneur Seminar di Jogjakarta 4 bulan lalu, terus mengingang ditelinga ini.

“Hm, hikmah baiknya harus diambil..” setidaknya itulah yang saya pikirkan pagi ini.
Benar saja, hasil dari hikmah yang saya ambil pagi ini dari kalimat Pak Budi Satria Isman, bisa anda rasakan sekarang. Benar sekali, hikmah dari kemunculan kalimat tersebut menjadi ilham bagi saya untuk menulis.

Mungkin teman-teman semua bertanya-tanya, apa itu “fake it before you make it” atau kalau kita terjemahkan akan berarti “palsukan sebelum kita memulainya”
. Bagaimana mungkin kalimat ini ada untuk kita-kita semua ?? Uuuuppppssss nanti dulu. Closing statement ataupun slogan ini adalah untuk mereka yang cerdas dan tidak menterjemahkan secara kasar.

4 bulan lalu Pak Budi datang ke Jogja dalam rangka seminar mencetak 1 juta pengusaha di 2020, atau lebih sering kami sebut dengan one in twenty. Di akhir seminar, Pak Budi bercerita tentang pentingnya tujuan hidup. Apa yang Beliau sampaikan pada akhirnya mengarah kepada pemahaman tentang alam bawah sadar. 

Masih ingat dengan salah satu hukum alam bawah sadar yang ada dalam buku saya berjudul “Be Brilliant for You Teens”. Betul sekali, alam bawah sadar tidak bisa membedakan antara impian dan kenyataan. Faktanya, entah seperti apa input yang kita berikan, tetap akan direspon untuk kemudian menjadi sebuah keyakinan dan action dalam hidup kita.

So kembali ke judul, orang-orang baru yang ingin menjadi pengusaha kadang kala sering merasa minder dalam memperkenalkan diri kepada orang lain. Kalau dia seorang mahasiswa, maka dia akan lebih suka menyebutkan pekerjaan nya sebagai mahasiswa dari pada calon pengusaha. 

Disinilah letak dari “fake it before you make it”. Artinya, kalau kita memang mau jadi pengusaha, mari dari sekarang, manipulasi pikiran kita dan katakan bahwa kita pengusaha. Kenapa? Ya agar ada muncul sebuah believe baru dalam diri kita dan mensupport kita untuk punya action layaknya pengusaha.

Waduh, jadi “fake it before you make itadalah semacam istilah yang dibuat untuk menanamkan semacam input ke alam bawah sadar kita dong ? Yap !!! benar sekali. Itulah kesimpulan untuk orang-orang cerdas seperti anda.

Nah, lets try games “fake it before you make it” .... kalau anda saat ini baru mau menjadi pengusaha, buatlah kartu nama dan tempatkan tepat di bawah nama anda, gelar pengusaha. Rasakan hasilnya.!!